Setiap orang mempunyai jatah waktu yang sama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 30 hari sebulan 12 bulan setahun. Tetapi kenapa ada yang merasa tidak cukup dengan waktu yang sama dan ada yang bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Kadangkala kita terjebak dengan hal-hal yang sebenarnya kurang perlu dan kurang penting.
Yuk Bunda mulai mengatur waktu sebaik-baiknya, dan belajar memilah-milah mana yg penting , mana yang mendesak. Apalagi untuk Bunda yang bekerja kantoran, mengelola bisnis dan mengurus si kecil.
Menurut Covey dalam bukunya 7 Habits, Covey membagi aktifitas menjadi 4 macam
- Kuadran 1 (Firefighting) : aktifitas yang penting dan mendesak
Aktifitas yang termasuk dalam kuadran 1 misalnya , si kecil menangis, menghandel klien besar, menyerahkan laporan akhir bulan. Seringnya yang masuk kuadran 1, hal-hal penting yang menjadi mendesak karena kita sering menunda mengerjakan J dan karena kita tida merencanakan dengan baik aktifitas-aktifitas kita.
- Kuadran 2 (Quality time) : aktifitas yang penting tetapi tidak mendesak.
Berisi aktifitas penting tetapi tidak harus dikerjakan saat ini juga, misalnya rekreasi, coaching dengan anak buah, membaca buku, bercerita dengan anak-anak. Menambah waktu di kuadran ini bisa meningkatkan kemampuan diri kita.
- Kuadran 3 (Distraction) : Aktifitas yang mendesak tetapi tidak penting.
Misalnya telepon yang tidak terduga, meeting. Kita banyak melakukan hal-hal di kuadran 3, kita pikir kita sudah banyak bekerja di kuadran 1, tetapi ternyata tidak.
- Kuadran 4 (Time Wasting) : Aktifitas yang tidak penting juga tidak mendesak. Misalnya menghapus email spam.
Kita coba yuk Bunds, menuliskan kegiatan kita sehari-hari dalam satu minggu di program Microsoft Excel sederhana beserta durasinya. Pada akhir minggu kita bisa menganalisa presentasi terbesar aktifitas kita ada di kuadran mana. Dari situ kita bisa tahu apakah aktifitas kita sehari-hari sudah berjalan efektif.
Selamat mencoba
No comments:
Post a Comment